Memanfaatkan Blog Untuk Refleksi Guru

 

Judul: Memanfaatkan Blog Untuk Refleksi Guru 

Resume Ke: 29
Gelombang: 28
Hari/ Tanggal: Senin, 15 Maret 2023
Tema: Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa 
Narasumber: Bambang Purwanto,S.Com,Gr 
Moderator: Gina Dwi Septiani,S.Pd.M.Pd

Blog sebagai Media publikasi dibilang cukup efektif karena tidak memerlukan biaya yang mahal. Biasanya blog hanya dimanfaatkan untuk tulisan pribadi. Namun sebagai guru, ternyata blog bisa menjadi media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa. 

*"Kita tidak belajar dari pengalaman… kita belajar dari merefleksikan pengalaman." - John Dewey*

Pertemuan KBMN ke- 29 kali ini akan membahas tentang bagaimana memanfaatkan Blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa. Narasumbernya adalah seorang pegiat literasi yang berprestasi, beliau adalah Bapak Bambang Purwanto,S.Com,Gr. Dan sebagai moderator adalah Ibu Gina Dwi Septiani,S.Pd.M.Pd.

Sang moderator, mengawali pertemuan dengan berpantun 

Air beriak tanda tak dalam

Air tenang seperti berlian

Izinkan saya ucapkan salam

Untuk para hadirin sekalian.

Selanjutnya Bu GINA memperkenalkan narasumber dengan mengirimkan link blog profil Mr. Bams, panggilan akrab Pak Bambang.

https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto

"Setiap peserta disini tentunya menjadikan blog sebagai tempat untuk *menyimpan tulisan-tulisan* yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas ini. Ijinkan saya berbagi pengalaman dalam memanfaatkan blog yang saya kelola. Blog atau web yang saya kelola adalah *penamrbams.id*. Demikian ungkap Mr. Bams di awal pertemuan.

Webblog yang dikelola Mr. Bams

Menurut Mr. Bams, webblog nya sudah mendapatkan google adsense, tapi belum bisa dicairkan karena belum memenuhi ketentuan yang berlaku. Batasnya adalah Rp. 1.300.000, sudah dua tahun belum sampai juga, tapi memang tujuannya bukan mencari cuan. Tujuan web ini diantaranya adalah:

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Berikut ini adalah tampilan web, sebagai gerbang bagi murid yang belajar bersama Mr. Bams di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate.



Bila geser ke bawah dibagian samping kanan (bila menggunakan laptop) terdapat logo SMP Taruna Bakti. Murid yang belajar bersama Mr. Bams bisa klik tulisan *Informatika* kemudian akan masuk kedalam pilihan pembelajaran sesuai kelas masing-masing.

Contoh kelas 7A

https://penamrbams.id/pembelajaran-informatika-semester-genap-ta-2022-2023/

https://penamrbams.id/informatika-kelas-7a-smp-taruna-bakti-2022-2023/

*Refleksi Diri*

Cara memanfaatkan blog sebagai media dokumentasi Refleksi Diri:

1. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan.

https://penamrbams.id/refleksi-diri/

2. Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

1. Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. 

2. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? 

3. Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? 

4. Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. 

5. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : 

Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.*

Data nanti akan masuk ke google spreadsheet


Data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas


Setelah diurutkan maka di copy kemudian di paste ke excel untuk diolah


Di excel pun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali


Nah hasilnya seperti diatas. Ada saja murid yang lupa tidak mengisi. Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid absen berapa yang tidak mengisi. 

*Setiap mengisi saya berikan 10 poin, setiap minggunya saya akumulasikan*

Setelah diurutkan  dilanjutkan untuk copy ke blog, hanya memang kalau langsung dari excel hasilnya kurang rapih. Maka dicopy dulu ke word.


Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini


 https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-7a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/

Bisa dilihat disini. Ini salah satu tulisan murid yang memberikan refleksi dirinya :

*Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.**✧・゚Terimakasih.

Kalau kita membaca tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini :

1. Materi yang dipelajari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Perasaan yang dirasakan oleh murid

4. Karakter yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Hal yang tanpa disadari oleh murid : *mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia* 

Bagi guru banyak manfaatnya

https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-9a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/

Ini tulisan murid kelas 9A di pertemuan akhir.

*Angela Aurelie Putri Michael*

Hari ini kita merencanakan ujian praktek kita, ide saya akan mencakup dunia internet dan mungkin aplikasi – aplikasi yang membantu banyak orang. Saya juga akan mencantumkan beberapa informasi dan data data di dalam pidato yang nantinya bisa di jadikan poin poin singkat didalam infografis. Untuk kesan belajar selama setahun, ada lebih ada kurang nya juga. Tapi semua masalahnya bisa diselesaikan dengan baik , mr bams udah ngajarin banyak hal selama 3 tahun ini. Makasih buat ilmu ilmu yang sudah di sampaikan, semoga semakin sukses di masa depan, maaf ya mr bams kalo ada kesalahan yang bikin kurang nyaman. Semoga ujian praktek nanti bisa sukses dan lancar aamiin-!! ❤️

*Annindya Sheeva Khairranny*

Selama 1 tahun belajar dgn Mr. Bams itu selalu ada hal yg membuat ‘WAH’. Setiap pelajarannya kita selalu dikejutkan dengan inovasi dari Mr. Bams seperti tiba-tiba games, quiz, (ulangan), dll. Ya, bisa dibilang kelas ini akan menjadi salah satu kelas yg tidak mudah untuk dilupakan.

Semangat Terus Pak ✊✊✊

Terus kejutkan muridmu!!!!

*Falisya azalea santika*

Judul untuk ujian praktek sebenarnya masih belum terbayang. tetapi satu judul yang saya dapat dipertemuan kali ini adalah efektivitas waktu belajar dan bermain gadget untuk pelajar. Mungkin akan diubah untuk kedepannya. Pesan untuk mr.bams selama satu tahun mengajar ini. Terimakasih mr.bams atas semua materi yang sudah disampaikan. Banyak pelajaran yang dapat diambil. Terimakasih mr.bams sudah mau merevisi kesalahan dan mendengarkan saran dari kita sebagai murid. Sukses dan sehat selalu pak 😃👍🏻.

Tulisan-tulisan kelas 9 sudah sangat terbuka. Berani menyampaikan *kritikan*, dan sebagai guru tidak boleh *baper*. Tetapi diperbaiki sesuai kemampuan diri.

Yang sangat indah adalah untaian *doa* dari murid kita. Ajarkan mereka untuk diberikan kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Bila di google di cari dengan kunci *Refleksi Diri Mr. Bams* , maka yang muncul adalah


kalau klik gambar, maka yang muncul adalah


Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun

Tahun 2020- 65.660

Tahun 2021 - 33.946

Tahun 2022 - 131.791

Tahun 2023 - 47.120

 *Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu*. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga. 

 *"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."*(Armin Martajasa) 

Sesi tanya jawab:

1. Yuni _ kab. Bekasi  

T: Yang mau ditanyakan tadi sudah cek blognya bagus sekali untuk evaluasi atau penilaian terintegrasi dengan blog kita ada tulisan silahkan klik disini, ada refleksi dll. Bagaimana caranya agar seperti itu tampilannya pak terimakasih

J: Fasilitas hyperlink bisa digunakan di web kita. Blogspot dan wordpress bisa dimanfaatkan sebagai blog untuk menunjang pembelajaran kita di kelas. Hanya saja kalau kompasiana itu hanya untuk menuliskan artikel saja. 

Coba lihat gambar dibawah ini ya : 😊

Ini saya masuk diposisi *sunting* . Ibu bisa lihat disana ada fasilitas hyperlink, dengan memasukan link yang sudah dibuat, maka saat disimpan, siswa tinggal klik dan langsung menuju link tersebut.

2. Imro'atus Sholihah_ Jombang Jatim

Blog sebagai media yg ideal dan efektif untuk mendokumentasikan refleksi diri siswa.

Mengapa demikian dan manfaat apa secara lebih lanjut yg bisa kita dapatkan dari blog?

J: Manfaat yang saya rasakan :

1. Sebagai guru kita bisa menujukkan kepada siswa, bahwa guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajar, semoga menjadi motivasi kepada siswa

2. Murid bisa memanfaatkan media ini sebagai jejak digitalnya

3. Murid yang tidak masuk, saat melihat dan membaca refleksi diri yang ditulis temannya merasa dapat informasi banyak

4. Manfaat lebih lanjut adalah belajar konsisten dengan apa yang biasa dikelola.3

3. Lucy_Bandung

T: Bagaimana cara pemberian poin/skornya? maksimal nilai siswa berapa?

J: Setiap mengisi siswa diberikan poin 10. Skor yang dicantumkan di minggu depan sudah diakumulasi dengan minggu ini. Misalnya ABCDE pertemuaan ke 1 mengisi refleksi diri, maka saya akan memberikan point 10. Kemudian di pertemuan ke 2 mengisi kembali maka poin yang akan dicantumkan di tabelnya adalah 20.

Nah, dari sini nanti kita sebagai guru bisa melihat kemampuan anak dengan berbagai sudut pandang ":

1. Siswa yang konsisten menulis

2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak

3. Siswa yang menulis seadaanya

Poin refleksi diri bisa saya gunakan untuk remedial, bila ada nilai yang kurang-kurang dikit, poin refleksi diri bisa membantu tambahan kekurangan nilai. 

Contoh : Nilai di raport yang diharapkan adalah 80, siswa ini nilainya 79. Seharusnya remedial, tapi karena poin refleksinya tinggi makan siswa tersebut tidak usah melakukan remedial

4. Elizabeth Kanserita Henny Anggorowati_Jakarta Barat

T: Saya ingin menanyakan, bagaimana jika refleksi diri diterapkan kepada siswa SD kelas 3, yang setiap harinya tidak membawa HP 🙏 saya punya rencana untuk mereka tuliskan terlebih dahulu di kertas atau buku, lalu saya salin ulang ke blog, tapi lumayan banyak juga ya jika harus disalin satu persatu 😁

Atau saya hanya perlu upload tulisan mereka yang sudah saya foto saja? 

Mohon pencerahannya dan ide cemerlang dari Mr 🙏

Terima kasih, semoga sehat selalu Mr Bams 🙏😇

J: Sesungguhnya lakukanlah refleksi dengan pertimbangan sebagai berikut :

1. Tidak memberatkan siswa dan guru

2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung

3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira

Usul saya karena kelas 3, 

1. Siapkan kertas kecil ukuran 5 cm x 5 cm (boleh kelas warna-warni)

2. Siswa menuliskannya di kertas tersebut

3. Setelah itu ibu siapkan kertas HVS kosong, tempelkan kertas kecil tersebut di HVS tersebut. Dipisah nanti per pertemuan

atau mau disalin, ditik ulang bila waktu senggang disimpan di blog juga ok. Bisa juga tulisannya difoto simpan di google slide

5. Eka Yulia _ Kab. Seruyan. Kalteng

T: Apakah tugas-tugas siswa yang dikumpulkan lewat google class room dapat di share di webblog? Karena dalam tahapan yang Mr. Bams tampilkan tadi seperti langkah-langkah dalam mengelola hasil tugas/PH siswa di GCRoom.

J: Pada prinsipnya bisa saja. Untuk tugas anak-anak saya menyediakan gdrive untuk per kelas, kemudian satu anak satu folder sehingga dalam pengelolaan tugas anak-anak mudah. Saya tinggal cek di gdrive kelengkapan tugasnya.

6. Saepul Hikmah _ SMPN 1 Rengasdengklok Karawang

T: Saya baru mengetahui blog sekarang ini di KBMN. Blog dijadikan sebagai media belajar seperti bapak jelaskan tadi jangankan mengajarkan ke anak melihat penampilan blog seperti bapak kelaskan tadi saya baru melihatnya. Apa yang harus saya pelajari tentang blog sebagai media belajar fitur-fitur apa saja yang harus dipersiapkan walau terlambat saya ingin bisa .

J:Belajar blog sekarang sangat mudah. Sahabat yang membantu kita dialah *internet* dimana 24 jam akan selalu membantu apa yang kita butuhkan. Modalnya hanya mau untuk belajar terus menerus. Teu kenging bosenan (ngak boleh bosanan). 

Ada 2 blog yang bisa bapak pilih :

1. Blogspot

2. Wordpress

Dua blog ini yang sering digunakan, saya lebih sering menggunakan wordpress. Bahkan saat pandemi diawal, saya membuat blog untuk sekolah. Blognya seperti gambar dibawah ini

https://daringsmptarunabakti.wordpress.com/

Selama bapak ada keinginan dan mau belajar terus menerus, saya yakin akan berhasil. Selamat memilih dan membuat blog yang bisa digunakan sebagai media pendukung sebagai pembelajar. 

7. Edmu _ Kalimantan Selatan

T: Selama bapak menggunakan Blog untuk pembelajaran tersebut,apakah ada hambatan ? biasanya hambatannya apa? dan solusi dari hambatan tersebut..

J: Hambatannya harus berani melawan malas atau sibuk, karena mengelola *Refleksi Diri* saya meraskan harus telaten. Bagi yang terbiasa mungkin akan menjadi beban. Di SMP Taruna Bakti pun yang mendokementasikan refleksi diri hanya saya saja dan atas inisiatif sendiri (inovasi).

Solusinya biasanya saya mendokumentasinya selalu nyicil, setiap akhir pembelajaran atau di jam kosong saya lengkapi website untuk kebutuhan pembelajaran.

Web penamrbams.id pun tidak hanya buat pembelajaran tetapi juga ada  :

1. Karya tulisan

2. Koleksi

3. Games

Seperti gambar dibawah ini

 https://penamrbams.id/category/karyaku/

https://penamrbams.id/category/hotwheels/

https://penamrbams.id/category/games/

Jadi intinya lakukan apa yang kita bisa, lakukan apa yang kita mau.

8. Rosjida Ambawani - Ciamis.

T: 1. Senang sekali jika siswa bisa terbuka dan panjang lebar mengungkapkan refleksi dirinya dalam pembelajaran. Bagaimana solusi jika ada siswa yg mengisi refleksi diri dengan kalimat, 'Tidak Ada" alias tidak ada refleksi yg disampaikan oleh murid tsb.

2. Mr.Bams, saya tertarik membaca CV bapak bahwa Bapak berpengalaman sebagai pendongeng. Apakah berdongeng bisa diterapkan saat mengajar mapel TIK?

J: 1. Kalau ada siswa yang tidak menulis, maka saat merekap saya memang menuliskan sendiri *Minggu ini tidak menulis*. Bila tidak menulis maka siswa tidak akan mendapatkan poin 10/refleksi diri. Kalau sudah tidak menulis beberapa kali, saya biasanya ajak ngobrol, apakah ada kendala ? atau hal yang lainnya.

2. Ya, saya suka juga mendongeng, atau menirukan suara seperti Pa Mario Teguh yang saya biasa dijadikan karakter baru dengan nama Maryo Teduh (Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup) 

9. Candra _ Jakarta 

T: Sebelum dulu kita memakai blog kita juga sudah sering melakukan refleksi. Menurut Mr. Bams apakah yang dulu itu kurang bagus atau sudah kuno

J: Sesungguhnya refleksi diri yang bagus bukanlah dilihat dari medianya, akan tetapi dari apa yang didapat dari refleksi diri. Apakah hasil refleksi diri membuat dampak yang positif bagi siswa dan gurunya. Intinya lakukan yang bisa kita lakukan. Bila masih menggunakan cara lama silahkan dan bila bisa beradaptasi dengan kondisi sekarang itu bisa dilakukan. Semua tidak usah dipaksakan, akan tetapi bisa kita sudah merasa membutuhkan maka pasti kita akan belajar dan melakukannya. 

https://penamrbams.id/blog-sebagai-media-dokumentasi-refleksi-diri-siswa/

Terimakasih saya sampaikan pada Mr. Bams atas materi yang luar biasa kali  ini. Semoga menjadi ladang pahala dan ilmu yang bermanfaat. Mr. Bams selalu diberikan kesehatan dan sukses dunia akhirat, Aamiin

Kita tidak akan tahu seberapa besar kemampuan kita, sebelum kita mencobanya. Satu langkah belajar menulis telah kita lalui. Ilmu telah kita dapati. 

Akankah ilmu yang diberi hanya akan tersimpan dalam pikiran dan hati kita? 

Ataukah akan kita bagikan menjadi sebuah karya yang menginspirasi. 

Semuanya kembali pada diri kita masing-masing.

 *THE CHOICE IS YOURS*

*MENULISLAH UNTUK KITA SENDIRI*



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diatas Guru Ada Do'a Para Nabi, HGN di Asshiddiqiyah

Agenda Santri di Awal Tahun 2024

NASIHAT HABIB ABDULLAH BIN HUSEN AL- HADDAD : ISILAH HARI- HARIMU DENGAN KEIKHLASAN